10 Konser Musik Paling Ramai Sepanjang Sejarah

Setelah dua tahun kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan, sekarang mulai berangsur ada pelonggaran. Jam belajar di sekolah kembali normal, pusat perbelanjaan tak ada pembatasan, dan kegiatan event pun sudah diperbolehkan. 

Bahkan di tahun ini, sudah banyak bermunculan konser-konser musik di Indonesia. Dari musisi lokal hingga mancanegara mendapat sambutan yang antusias dari para penggemarnya. Memang akan lebih seru ketika bisa menyaksikan penampilan idolamu di atas panggung secara langsung.

Nah, di bawah ini ada beberapa daftar konser musik yang pernah tercatat sebagai konser terbesar karena dihadiri oleh jutaan orang. Wah, pasti atmosfernya akan semakin seru ! 

10 Konser Musik Terbesar di Dunia

Berikut 10 konser musik terbesar sepanjang sejarah yang jumlah penontonnya paling sedikit yakni ratusan ribu orang dan terbanyak mencapai jutaan orang :

  • Queen ‘A Kind of Magic Tour’ (1986)

A Kind of Magic Tour tidak hanya dihadiri oleh banyak orang, namun juga sangat berkesan karena menjadi konser terakhir Freddy Mercury bersama Queen. Lima tahun setelah itu, ia pun meninggal dunia.   

Konser tur Queen ini diadakan di seluruh Eropa Barat dan beberapa negara lainnya. Dan yang paling ramai adalah pada saat tur berlangsung di Stadion Wembley. Sekitar 150 ribu penonton hadir dalam konser tur tersebut.  

  • The Paul McCartney World Tour (1990)

Paul McCartney menggelar tur dunia untuk pertama kali menggunakan namanya sendiri. Dan ini merupakan tur terbesarnya setelah dua konser sebelumnya, yakni ‘Tur Wings UK’ (1979) dan ‘Wings Over the World Tour’ (1976).

Digelar di Stadion Maracana, Brasil, bertepatan dengan peluncuran album solo Flowers in the Dirt. Paul membawakan sebagian besar lagu The Beateles dan berhasil membuat 184 ribu penonton yang hadir terhibur dengan penampilannya.   

  • Konser Oasis di Knebworth (1996)

Grup band Oasis juga pernah menggelar konser musik yang paling ramai sepanjang sejarah. Selama dua hari konser digelar di hadapan 250 ribu penggemar Oasis di sebuah lahan pertanian di Knebworth, Inggris. Pada akhirnya konser besar ini pun dibuatkan film dokumentar yang telah dirilis pada September 2021 lalu. 

  • Woodstock Festival (1969)

Berikutnya adalah sebuah festival musik yang berlangsung selama 3 hari di Bethel, New York, AS. Sekitar 400 ribu penonton hadir dalam festival musik yang membawakan pesan perdamaian dan persatuan tersebut. The Who, Stills Nash and Young, Jimi Hendrix, dan masih banyak musisi lainnya yang meramaikan panggung Woodstock Festival. 

  • Michael Jackson ‘Bad Tour’ (1987-1989)

Musisi legendaris yang sering dijuluki ‘MJ’ ini pernah mengadakan konser tur dunia selama 16 bulan. Di antara lima belas negara, konsernya di Stadion Wembley yang paling ramai karena dihadiri sebanyak 500 ribu penonton. 

Dan total yang hadir dalam konser bertajuk ‘Bad Tour’ tersebut yaitu 4,4 juta penonton. Maka, konser ini masuk dalam Guinness World Record untuk konser tur terlaris sepanjang sejarah dengan penonton terbanyak. 

  • Isle of Wight Festival (1970)

Festival musik terbesar di dunia yang jumlah penontonnya mampu menandingi Woodstock Festival. Sekitar 700 ribu orang hadir dalam ‘Isle of Weight Festival’ yang diadakan di sebuah pulau kecil di Inggris. Pengisi acara dalam festival musik terbesar ini antara lain The Doors, Joni Mitchell, Jimi Hendrix, Milles Davis, The Who, dan masih banyak lagi. 

  • Live 8 Philladelphia (2005)

Masuk ke tahun 2000-an, konser amal yang bertajuk ‘Live 8 Philladelphia’ ini disaksikan oleh lebih dari 1 jutaan penonton. Konser yang diadakan dalam rangka mengumpulkan donasi untuk disumbangkan ke beberapa negara miskin. 

Sejumlah musisi papan atas tampil mengguncang konser musik terbesar ini. Ada Linkin Park, Bon Jovi, Alicia Keys, Kanye West, Maroon 5, dan lain-lain.

  • Metallica ‘Monster of Rock’ (1991)

Konser grup band bergenre heavy metal ini menjadi konser paling ramai berikutnya. Kurang lebih 1,6 juta penonton datang langsung untuk menyaksikan penampilan James Hetfield, Kirk Hammett dan Lars Ulrich. Melalui lagu-lagu yang dibawakan Metallica, para penonton terhibur di konser yang diadakan di Moscow, Rusia itu. 

  • The Rolling Stones ‘A Bigger Bang Tour’ (2006)

Selanjutnya ada konser dari The Rolling Stones yang juga dihadiri oleh jutaan penggemar. Sekitar 1,5 juta orang memadati Copacabana Beach, Brasil untuk menyaksikan penampilan The Rolling Stones secara langsung dan gratis. 

  •  Copacabana New Year’s Eve (1994)

Ini adalah gelaran konser musik pergantian tahun baru yang terbesar di dunia. Salah satu penampilannya  adalah Rod Stewart, yang akhirnya mampu memikat kurang lebih 3,4 juta penonton. Orang-orang sangat antusias memadati pantai Copacabana untuk menghadiri konser musik ini.