konser musik via streaming

Konser Musik via Streaming, Tren Baru Dalam Bermusik

kmelody.net – Kondisi pandemi banyak mengubah wajah dunia secara global. Dalam bidang musik, dengan memanfaatkan teknologi video conference yang makin mudah dan dengan kualitas yang makin meningkat, para musisi mulai berpaling dan mempertimbangkan untuk mengadakan konser via streaming setelah melihat animo masyarakat yang antusias dengan video-video unggahan mereka di Youtube.

Di luar negeri, Situs soundcloud yang bekerja sama dengan Twitch menyediakan fasiltas konser via streaming berbayar kepada musisi. Pembagian royalti yang adil membuat konser yang digagas via Twitch menjadi sumber pemasukan baru bagi musisi.

konser musik via streaming

Selain berbayar, juga tersedia konser musik streaming gratis untuk menghibur masyarakat, seperti  yang dilakukan oleh beberapa musisi di luar negeri seperti  di bawah ini:

  1. The Berlin Philharmonic

Grup orchestra yang menyatakan tutup hingga tanggal 19 April 2020 ini, menawarkan kepada masyarakat untuk menikmati penampilan mereka dengan membuka arsip digital yang ada. Dan memberikan akses ke penonton, video ratusan konser yang pernah mereka adakan. Pecinta konser hanya perlu mendaftar sebelum tanggal 31 Maret 2020 untuk mendapatkan akses menonton.

  1. Melbourne Symphony Orchestra

Di Melbourne, grup orchestra yang juga harus tutup hingga tanggal 13 April 2020 ini juga bermaksud memberikan penampilan langsung mereka yang akan disiarkan dan bisa dinikmati di channel Youtube.

  1. Code Orange

Dengan platform Twitch, band asal Amerika yang sedianya akan merilis album baru mereka bertajuk Underneath, mengubah konsep performance mereka menjadi live streaming. Dilaksanakan pada tanggal 14 Maret di Roxian Theatre, dengan formasi tim lengkap, band ini tetap bernyanyi dan berjingkrak-jingkrak di hadapan kursi kosong.

konser musik selama wabah

Penonton yang ada di balkon hanyalah keluarga dan kru mereka. Namun siapa sangka, dengan persiapan matang, kombinasi animasi komputer, lighting, sound system yang canggih, penampilan mereka bahkan ditonton oleh lebih dari 13 ribu penonton. Sedangkan jika penonton menonton langsung di theatre, kapasitas kursi hanya berjumlah 1.460 kursi.

Musisi dalam negeri pun mulai beralih ke penampilan via streaming untuk mengisi waktu dan kerinduan mereka tampil. Kiostix yang merupakan platform online manajemen tiket event menjadi salah satu penyedia tiket konser yang memaksimalkan pengadaan konser via streaming. Selain menyediakan platform penjualan tiket live streaming, Kiostix juga menyediakan merchandise online terkait  bekerjasama dengan start up Fangir dan KiosMusic.

Beberapa musisi yang berkolaborasi bermusik via streaming misalnya:

  1. Konser Orkestra di Rumah

Maestro orchestra, Erwin Guttawa menggagas konser musik lengkap, berkolaborasi dengan 50 orang musisi tanah Air. Di antaranya adalah Tulus. Konser ini merupakan konser amal yang bertujuan membantu pengadaan APD untuk tim medis di garda terdepan kesehatan nasional.

erwin gutawa orchestra dan tulus

Tiket konser ini dijual melalui aplikasi loket.com atau Go-tix dengan 6 kategori yang disediakan. Harga tiket bervariasi mulai dari 50 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah.

Namun, konser yang melibatkan banyak musisi ini tetap mengikuti prosedur stay at home. Yaitu setiap musisi bermain musik dari rumah mereka masing-masing, dan penonton dapat menyaksikan live streamingnya. Konser ini digelar di hari Minggu, tanggal 19 April 2020 pada pukul 19.00 hingga 19.40 WIB.

  1. Navicula Band

Band yang berasal dari Bali juga tidak ketinggalan melakukan konser dengan bandnya via streaming. Dengan formasi lengkap, band ini menggelar konser tanpa penonton dan disiarkan secara live.

  1. Anji dan Fiersa Besari

Di tengah wabah, Anji dan Firsa Besari justru berkolaborasi dalam bermusik dengan membentuk satu band yang diberi nama Sukamaju Band. Dan single pertama mereka yang diberi nama Manusia Seutuhnya telah dirilis dan disiarkan di channel Youtube mereka.

  1. Musisi Purwakarta

Kesempatan manggung yang kosong membuat beberapa musisi berasal dari Purwakarta berkolaborasi dengan nama Musisi Purwakarta. Mereka merekam sebuah video dari rumah masing-masing dengan membawakan lagu lawas karya Koes Plus Band yang berjudul Kolam Susu. Penayangan video dilakukan melalui media sosial dengan akun Musisi Purwakarta.

  1. Vidi Aldiano, JKT 48 & Judika

Live Stream Fest menghadirkan konser dengan mengusung beberapa penyanyi ternama seperti Vidi Aldiano, JKT 48 dan Judika dan disiarkan secara live. Konser ini sedikit menghapus kerinduan fans melihat penyanyi idola mereka beraksi di atas panggung. Tidak hanya 3 orang musisi di atas, masih ada banyak musisi lainnya yang akan menampilkan performa terbaik mereka yang bisa disaksikan oleh fansnya dari rumah.

Meski tidak persis sama, namun kehadiran konser via streaming sedikit banyak telah mampu memberikan angin segar atas industri musik yang sempat vakum di musim wabah. Sudah saatnya untuk menggunakan akses digital untuk memperluas cakupan penonton konser dan sekaligus sebagai solusi untuk harga tiket konser yang terkadang sangat mahal.